Kamis, 20 November 2014

KOTA DEPOK Anggaran Perbaikan 26 Situ Rp4,6 Miliar

DPRD Kota Depok meminta Pemerintah Kota Depok untuk membenahi 26 situ dan taman hutan raya (tahura). Dua hal itu, jika dikelola dengan baik, mampu mendongkrak pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata air.

Anggota Komisi B DPRD Kota Depok Zeni Faizah mengatakan untuk meningkatkan potensi wisata Depok, diperlukan alokasi anggaran tersendiri. Pihaknya akan mengajukan anggaran untuk pembuatan atau pembenahan tahura Rp4,6 miliar.

Adapun untuk objek wisata air situ, akan diusahakan untuk menggaet pihak swasta dalam pengelolaannya. “Selama ini pemanfaatan dua objek wisata itu memang belum maksimal,“ kata Zeni di Depok, kemarin.

Menurutnya, tahura Depok berupa cagar alam di Kecamatan Pancoran Mas harus ditingkatkan, sehingga bisa diandalkan sebagai objek wisata.Sementara itu, untuk situ, kata dia, sampai saat ini belum dikelola dengan maksimal. Oleh karena itu, mulai tahun depan pihaknya dan dinas terkait akan mengupayakan peningkatan potensi wisata Situ di Sawangan dan Bojongsari.

Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Depok, Suparjono mengakui pengelolaan situ saat ini belum maksimal.

Menurutnya, Depok mempunyai konsep wisata terapung di Situ Rawa Besar di Pancoran Mas. Namun, rencana itu urung direalisasikan karena situ semakin sempit karena banyak bangunan. (KG/J-1) Media Indonesia, 18/11/2014, halaman 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar