Minggu, 28 September 2014

Gebrakan Subaru dengan Duo WRX

HARI pertama gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 yang berlangsung di JI Expo Kemayoran, Jakarta, langsung dimanfaatkan pabrikan asal Jepang, Subaru, untuk menggebrak pasar sedan sport Tanah Air. Dua mobil baru ber-DNA balap, yakni All-New WRX dan WRX STI, diluncurkan bersamaan untuk menggoda konsumen muda Indonesia, terutama yang memiliki jiwa balap yang kental.

Desain baru duo WRX, terutama varian STI yang makin sporty dan agresif dengan bodi yang lebih lebar, kian menegaskan bahwa mobil-mobil itu memang bakal tampil meyakinkan di jalan. Model andalan performa yang ikonik itu juga diciptakan di atas sasis yang lebih kukuh dan handling yang lebih baik. “STI pada Subaru memberikan pengalaman berbeda sekaligus sensasi dalam berkendara karena ia tampil meyakinkan di jalan,“ kata Glenn Tan, Direktur Utama PT TC Subaru.

All-New WRX dibekali dengan mesin direct injection turbo (DIT) boxer 2.0L yang dipadukan dengan transmisi mode manual lineartronic. Mesin itu diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga 268 Hp dan mampu melecutkan mobil ini hingga 240 km/jam.
Adapun WRX STI didukung mesin turbocharged boxer berkapasitas 2,5 liter, menggunakan transmisi manual 6 percepatan, serta dilengkapi dengan short throw shifting (perpindahan persneling singkat). Sesuai tradisi yang terus dipertahankan Subaru untuk mobilmobil berjiwa balapnya, All New-WRX `biasa' ataupun STI juga tetap menggunakan sistem penggerak semua roda (all-wheel drive) sebagai teknologi intinya.

Kedua mobil dengan desain bodi rendah khas balap tersebut mengaplikasikan symmetrical all-wheel drive yang disempurnakan dengan variable torque distribution dan sistem kontrol vehicle dynamics untuk memberikan keluwesan berkendara tetapi tetap responsif.
Ada juga fitur baru yakni active torque vectoring system yang pada operasionalnya mampu menyalurkan tenaga berlainan untuk tiap roda.Diajak beraksi Ihwal interior, Subaru mengaku telah meningkatkan kenyamanan kabin WRX menjadi lebih lapang. WRX terbaru itu dipasangi tempat duduk sport dengan jahitan berwarna merah. Area konsol tengah didesain secara elegan dengan trim berbahan karbon dan metal.

Di sisi lain, interior WRX STI kian disempurnakan dengan adanya alat petunjuk electro-luminescent, serta kemudi berdesain flat bottom baru yang dilengkapi dengan pengontrol audio dan cruise control.Tempat duduk sporty berbahan kulitnya juga kian ciamik dengan imbuhan bordir STI.

Subaru WRX STI yang beraura balapan reli itu tak hanya `duduk diam' di booth Subaru di Hall C JI Expo Kemayoran, tapi juga langsung diuji ketangguhannya di lapangan belakang Hall D, area pintu masuk Pasar Gambir Kemayoran, oleh pengendara presisi gaek, Russ Swift.

Dalam aksi Russ, WRX STI terbukti mampu diajak dipacu dalam kecepatan tinggi dengan stabil serta untuk melakukan bermacam manuver ekstrem. Tak cuma putaran drifting, Russ juga membawa WRX STI beraksi dengan teknik doughnuts, yakni memutar mobil sebanyak 10 putaran lengkap hanya dalam hitungan 16,07 detik.
Tidak hanya itu, mobil teranyar Subaru juga masih oke dipacu dalam dua laga Russ yang lain, yakni Dance Routine (sebuah rangkaian atraksi berupa drifting dan pacu gas dadakan) serta reverse spin atau parallel parking.(Pun/S-3) Media Indonesia, 25/09/2014, halaman 22

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar